Press Release
Home / PENGEMBANGAN BIDANG

PENGEMBANGAN BIDANG

  • Bidang Pengembangan Sumber Daya Anggota (PSDA)
  • Bidang Teknik Kepramukaan
  • Bidang Rumah Tangga
  • Bidang Usaha Dana
  • Bidang Pengabdian Masyarakat
  • Bidang Bina Satuan 
  • Bidang Humas Media

Bidang Pengembangan Sumber Daya Anggota (PSDA) adalah wadang pengembangan dalam meningkatkan sumber daya anggota. Bidang ini memiliki beberapa cabang wadah binaan yaitu seni dan budaya ( mengembangkan anggota dalam bidang seni seperti menari, musik dan hadroh), olahraga (wadah anggota yang senang dengan olahraga khususnya futsal) dan kajian keislaman ( wadah ini bertujuaan untuk meningkatkan wawasan keislaman melalui kegiatan kajian rutin hari Jumat)

Seperti namanya, Bidang Teknik Kepramukaan berisi tentang teknik-teknik yang digunakan dalam kepramukaan. Bidang Teknik Kepramukaan sendiri mempunyai tujuan untuk mengembangkan keahlian dalam bidang kepramukaan. Dalam hal ini adalah teknik-teknik atau materi tentang kepramukaan. Teknik-teknik dan materi-materi kepramukaan itu biasanya dilakukan Tekpram dalam bentuk Latihan Rutin bagi anggota Racana.

Adapun program kerja bidang ini adalah Latihan Gabungan bersama UKM Sahabat, Manajemen Multitasking, dan perlombaan Teknologi Tepat Guna (TTG).

Bidang Rumah Tangga adalah wadah pembinaan anggota dalam menginventasi barang Racana. Bidang ini menjaga dan mengelola barang Racana, termasuk juga mengelola Perpustakaan. Selain itu bidang ini juga menyediakan jasa sewa barang.

Bidang Pengabdian Masyarakat mempunyai tujuan untuk melatih anggota Racana dalam upaya pengembangan diri untuk bersosialisasi dengan lingkungan masyarakat. Bidang Pengabdian Masyarakat sendiri mempunyai program kerja yaitu, PHBI (Idul Adha, Isra’ Mi’raj, 1 Muharam & Halal Bi Halal) yang terlaksana dengan keikutsertaan dan partisipasi dari seluruh anggota, selain itu setiap Kamis Malam ( Malam Jum’at) bidang Pengabdian Masyarakat juga mengadakan Yasinan rutin.

Selain itu bidang ini juga sebagai wadah pengamalan bina masyarakat anggota racana. Dan pada tahun 2013 kemarin Pramuka UIN Sunan Kalijaga telah memiliki Desa Binaan di Dusun Bungmanis, Desa Pucanganom, Kec. Rongkop , Kab. Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Bidang Usaha Dana adalah bidang yang bergerak dalam kegiatan kewirausahaan. Dalam bidang ini anggota dapat belajar sebagai seorang wirausaha. Bidang ini juga memiliki KEDAI PRAMUKA yang menyediakan berbagai perlengkapan atribut pramuka.

Bina Satuan merupakan bidang yang menangani seluruh sekolah binaan yang diasuh oleh Racana Sunan Kalijaga dan Nyi Ageng Serang. Bidang Satuan Berkewajiban mengeluarkan beberapa kebijakan termasuk dalam tata pengelolaan sekolah binaan. Bidang ini juga mewadahi anggota Racana khususnya anggota baru untuk membina satuan dengan melaksanakan kegiatan magang bina satuan.

Humas dan Media (HM), merupakan bidang dalam susunan struktur Racana Sunan Kalijaga dan Nyi Ageng Serang yang bertanggung jawab atas semua media dan konten yang dimiliki Racana mulai dari offisial website, social media Facebook, Twitter, Instagram, dan Press Release yang terpublikasi. Selain itu, bidang ini juga memiliki Bulletin bernama BLARAK yang diterbitkan 2x selama satu masa bakti.